SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1434 HIJRIYAH


Minggu, 07 Juli 2013

Anjuran Dokter : Cara Cepat menambah Berat Badan


menambah Berat Badan
Seorang pemuda 24 tahun bingung mencari cara menaikkan berat badannya yang ideal. Berat tubuhnya hanya 50 kg dengan postur 170 cm.

Dr. Yoshika Kurniasari, Dokter Umum dan Jamsostek Klinik Keluarga Antasari Bandar Lampung memberikan saran si pemuda ini menambah porsi makanan  mengandung energi
Menurut Yoshika, WHO telah mengeluarkan suatu klasifikasi atau pengukuran apakah badan kita sudah masuk kategori yang kurang, cukup, atau lebih (obesitas).

Disebut dengan metode BMI (Body Mass Index = Indeks Massa Tubuh), dengan rumus BMI = Berat Badan Dalam Kilogram / (Tinggi Badan Dalam Meter / 100) 2 .
Di sini BMI saudara bisa dihitung BMI = 50 / (170/100)2 = 17,3 yang mana nilai ideal nya jika BMI anda antara 18.5 - 24.9. Kesimpulannya memang anda masuk kategori kurus (underweight) dengan BMI < 18.5.
"Solusi yang dapat anda lakukan, seperti: tambah porsi makanan yang mengandung energi (daging, susu, telur, kacang-kacangan, gandum, ikan, dsb), perbanyak konsumsi sayur dan buah," kata Yoshika.
Kemudian, hindari tidur larut malam, perbanyak minum air putih, kurangi merokok dan minum-minuman beralkohol, jaga kesehatan selama proses penggemukan badan, berolahraga dengan teratur.


3 komentar:

  1. nyimak aja gan, soalnya rada bingung ma kata kata

    BalasHapus
  2. itu perkaliannya salah gan.., hasil dr 50/(170/100)2 bukan 17,3 tp 14,7..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ane yg salah, maap. ane kira angka 2 stelah kurung itu kali 2, rupanya pangkat 2

      Hapus