SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1434 HIJRIYAH


Senin, 08 Juli 2013

Tips mengajarkan Anak Puasa


Tips mengajarkan Anak Puasa

mengajarkan Anak Puasa
Apakah Anda bingung bagaimana caranya mengajarkan anak untuk berpuasa Ramadan. Tidak perlu khawatir, Psikologi Anak, Sani Budiantini Hermawan,  akan memberikan tips mengajarkan anak puasa.

Menurut Sani, mengajarkan anak berpuasa itu jangan ada paksaan. Kemudian orangtua harus membangun sugesti yang positif, sehingga anak jatuh cinta dengan puasa.

"Jangan dipaksakan. Cara-caranya harus diperhatikan, jangan sampai caranya salah. Orangtua harus mengangkat kalau puasa itu sesutau yang dinanti-nantikan dan bisa membangun kebersaamaan, sehingga anak akan jatuh cinta dulu dengan bulan puasa, dan baru dia (anak) akan mudah berlatih di situ," kata Sani dalam dialog 8-11 Show, Metro TV, Jakarta, Selasa (9/7).

Lebih lanjut ia mengatakan, usia ideal anak untuk mengetahui dan terlibat puasa itu umur empat tahun.

"Sebenarnya dari empat tahun sudah bisa terlibat. Bukan puasa itu sendiri, mungkin tarawihnya, memang harus bertahap, seperti setengah hari berbuka. Orangtua juga harus memberikan semangat, di meja jangan dikasih banyak makanan, anak juga diberi kegiatan agar puasa tidak terasa, jadi bisa teralih," tambahnya.

Selain itu, Sani juga mengatakan berpuasa akan mengajarkan anak dengan berbagai macam hal. Seperti melatih tanggung jawab, membangun kebersamaan, melatih pengendalian diri, melatih kesabaran, menumbuhkan rasa empati, dan meningkatkan rasa syukur.

0 komentar:

Posting Komentar